Langsung ke konten utama

Baca Al-Quran Yuk..


BACA AL-QURAN YUK…
ZAID AL-HUSNA



Assalamualaikum warahmatulllahi wabarakatuh,
Apa kabar sahabat Literasi ?
Sudahkah kita membaca Al-quran hari ini ?
Kalau belum, yuk kita baca bareng-bareng.





Dan kami turunkan dari Al-quran sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman …”(Q.S Al-Isra’ [17] : 82)



Artinya : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(Qs Al-Ankabut [29] :  45 )



Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, dan mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan pada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi.”
(Q.S. Fathir [35] : 29)


Sudah ?
Yuk coba simak beberapa hadist dibawah ini.

Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkan(HR. Bukhari)

Barang siapa satu huruf dari kitab Allah SWT, maka baginya satu hasanah (kebaikan). Satu hasanah itu, pahalanya sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.(HR. Tirdmidzi dan Darami)

Membaca Al-Quran dengan hafalan adalah seribu derajat dan membaca melihat mushaf akan dilipatgandakan sampai dua ribu derajat.”
(HR.  Baihaqi)

Sudah mencoba memahami kenapa kita harus membaca Al-Quran ?

Kalau belum yuk coba cermati yang satu ini.


Artinya : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).....” (Q.S. Al-Baqarah [2] : 185 )

Masih kurang lagi untuk memotivasi kita dalam membaca Al-Quran,

Memang masih kurang, dan tak akan cukup bila ditulis dalam artikel ini.
Karena di dalam Al-Quran kita akan menemukan hal-hal yang sangat luar biasa, dan tak pernah kita fikir sebelumya.
Penasaran ?

Yuk kita buktikan dengan membaca Al-quran dan mentadaburinya setiap hari, serta mencoba menjalankan apa apa yang menjadi perintah di dalamnya dan menjauhi apa-apa yang menjadi larangan di dalamnya, dengan demikian insyaallah kita akan menjadi seseorang yang sangat luar biasa, bahkan kehidupan dalam kehidupan bermasyarakat kita. Karena Al-Quran sangat luar biasa.

Kenapa luar biasa ?
Karena itu adalah perkataan Rabb kita, yang telah menciptakan kita semua, dengan kasih dan sayang yang tidak pernah bisa kita hitung selamanya.

Selamat berpetualang dalam membaca Al-quran,

“Jadikan alquran sebagai kawan mu di dunia, niscahya alquran akan menjadi teman mu kelak di hari Akhirat.”(Zaid Al-husna)

Salam literasi.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#perbaikigenerasidenganliterasi
#luruskanniat
#black_putih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Adab seharusnya Kepada Kedua Orang Tua

ADAB TERHADAP ORANG TUA

Adab adalah suatu bentuk tindakan terhadap orang lain, baik berupa tindakan buruk maupun tindakan baik. Adab kita kepada orang lain tentunya sangat perlu dijaga, terlebih adab kita kepada kedua orang tua kita.

Orang tua adalah sosok yang sangat berjasa bagi kita, mereka orang yang telah merawat kita dari kecil sampai sekarang ini. Orang yang tidak pernah lelah mendidik, menjaga dan bahkan senantiasa memaafkan semua kesalahan yang kita perbuat. Oleh sebab itu perlu nya kita membalas budi mereka yang pada hakikatnya apa yang kita berikan tidak akan bisa membalas apa yang mereka perbuat kepada kita. Dalam hal yang paling kecil adalah bagaimana kita memperlakukan kedua orang kita atau bagaimana adab kita kepada beliau.

Dalam islam, adab kita terhadap kedua orang tua sangatlah diatur, bahkan sampai – sampai Allah mengaitkan hak kedua orang tua dengan hak diri-Nya yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim. Allah berfirman :
QS.A-Isra’ : 23 -24
Artinya :(23) Dan Tuhanmu t…

Bagaimana Menyambut Ramadhan ?

Bagaimana Menyambut Ramadhan ? Oleh : Zaid Al-husna

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamduillah, segala puji bagi Allah swt, Rabb bumi dan langit, yang maha mengetahui sesuatu yang ada di langit, di bumi, dan diantara keduanya, yang tampak maupun yang tidak nampak.
Apa kabar sahabat TiBan (Tinta Peradaban) ?
Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah swt, dari semua hal yang bisa membatalkan keimanan kita kepada Allah swt.
Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada sebaik-baik manusia yang berbuka dan berpuasa, shalat malam dan tidur, yang menegakkan daulah islamiyah dan meruntuhkan daulahberhala, yakni Rasulullah saw. Semoga kita semua senantiasa teguh meniti jalan yang telah dicontohkan oleh beliau, agar kita semua bisa selamat sampai tempat tujuan yang sangat mulia, dan tidak ada tandingannya, yaitu Surganya Allah swt.
Allah swt berfirmam :

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu b…

POTRET QURAN TERHADAP KELUARGA YANG DI RINDUKAN SURGA

POTRET QURAN TERHADAP KELUARGA YANG DI RINDUKAN SURGA Oleh : Yahya Abidurrahman


Keluarga merupakan satu diantara sekian banyak perhiasan dunia yang bandingannya tiada tara. Maka, Memiliki anggota keluarga yang lengkap merupakan dambaan setiap insan. Keluarga merupakan aset mahal, karena dari keluargalah peradaban dimulai dan dari keluargalah seseorang memiliki identitas social baik kedudukan ataupun pangkat yang akan dimiliki seseorang sehingga manusia yang hidup mampu mengenali dan bertahan hidup serta dihargai dan diterima dilingkungan sosialnya.

Terkadang betapa mahalnya keluarga sampai digambarkan oleh orang jawa dalam istilah yang sering kita dengar “mangan ora mangan sing penting kumpul” begitu pentingnya makna keluarga ketimbang sesuap makanan bagi suku jawa.

Disisi lain Keluarga merupakan institusi pertama (madrosatul ula) yang dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai sarana untuk mengenali dan mengenalkan serta untuk mengetahui dan memberitahu tentang pembelajaran dasar menyoal…